English Course

SAMBUT AWAL TAHUN 2010 Download e-book Rahasia Kuasai Bahasa Inggris tercepat
DAPATKAN EBOOK TERBARU RAHASIA KUASAI BAHASA INGGRIS KILAT, KHUSUS UNTUK ANDA YANG DAFTAR s/d 10 Januari 2010, untuk member lama bisa download di member area segera di update malam ini 01/12/10 jam 00.00 WIB, Isi 65 lebih halaman dilengkapi dengan MP3 Audio Panduan dalam bahasa Indonesia-Inggris. E-book ini memang intinya adalah ‘tips dan trik menguasai bahasa Inggris dengan cepat, mudah dan praktis”. Ibaratnya banyak jalan menuju ROMA, tapi dalam eb0ok itu saya akan berikan jalan pintas yang paling DEKAT, paling MUDAH, dan paling CEPAT untuk tiba di Roma Jangan sampai ada mutar muter ga karuan menuju Roma tanpa panduan, nongkrong2 dulu di warung kopi, akhirnya balik pulang. :) INGAT TERBATAS HANYA sampai 10 Januari 2010
By Teguh Handoko - Info Terbaru - support@teguhhandoko.com


Kenapa saya tidak anjurkan GRAMMAR ?
Karena Grammar memang bukan tujuan belajar bahasa Inggris. Itu alasan utama, loh kok begitu? Lah Anda belum bisa bahasa Inggris, pengin bisa – amati kata BISA, bukan TAHU –, artinya Anda ingin bisa ..

Bisa memahami pembicaraan orang (Listening Skill)
Bisa menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan secara lisan (Speaking Skill)
Bisa memahami bacaan literature bahasa Inggris (Reading Skill)
Bisa menyampaikan pikiran, perasaan dan kebutuhan secara tertulis (Writing Skill)

Inilah yang disebut dengan 4 ketrampilan bahasa atau 4 skills of
Language, dan 4 skill inilah yang merupakan tujuan orang belajar bahasa apapun. Semua adalah SKILL atau ketrampilan yang harus Anda bentuk dalam diri Anda melebur sehingga Anda mampu melakukannya secara otomatis tanpa berpikir (automatically without thinking) dan itulah ciri2 ketrampilan jika sudah dikuasai – camkan, … semuanya harus berjalan secara otomatis.

Saya pernah bertanya pada Anda, apa RUMUS naik sepeda biar tidak jatuh? RUMUS berenang biar mengapung, hehe..sekedar mengingatkan. Yang namanya skill atau ketrampilan itu tidak bicara TAHU tapi bicara BISA. Memang beda antara tahu dan bisa? memang beda antara pengetahuan dan kebisaan atau ketrampilan? ya jelas beda dong

Dalam psikologi Pengetahuan masuk dalam ranah cognitive (cognitive domain). Pelajaran yang lebih bersifat cognitive contohnya waktu di SMP kita belajar ‘Ilmu Bumi’.. atau Fisika atau mungkin Sejarah, semuanya perlu dihafal. Tetapi pelajaran Mengetik, Berenang, Pencak Silat semuanya adalah ketrampilan yang bersifat motorik atau gerak (motoric domain). Jika Anda ingin bisa berenang tidak ada cara lain kecuali nyemplung langsung ke air dan bergerak, dan bergerak ..sampai otomatis Anda lakukan tanpa berpikir. Kalau Anda ingin bisa bicara bahasa Inggris pun demikian, ga ada cara lain selain langsung bergerak ..dan bergerak, langsung bicara SEJAK DINI. Saya ingin bisa memahami koran dan majalah Bahasa Inggris, ya ayo ..langsung kita mbaca

Bahasa Inggris itu Pengetahuan (knowledge) atau Ketrampilan (Skill) sih? walah .. ya jelas2 ketrampilan, bahkan ada 4 SKILLS OF LANGUAGE, tuh ..ada 4 ketrampilan yang harus Anda bentuk agar bisa digunakan, karena bahasa pada hakikatnya hanya ALAT yang harus Anda bisa gunakan, bukan Anda ketahui.

Tetapi begitulah, banyak orang menganggap bahwa Bahasa Inggris adalah Pengetahuan. Mereka fokus peraturan ..peraturan…rumus…rumus…sampe kepala puyeng, ngebul…darah tinggi kumat, hari-hari marah sama bini tanpa sebab, ga taunya gara2 ngapalin rumus-rumus. Cape deeh, kita yang hidungnya pesek kulitnya item cape2 ngapalin rumus. Sedang yang matanya biru, hidung mancung, ga pernah makan nasi aja ga belajar GRAMMAR. Mau liat contoh nya?? Dengerin salah satu kalimat dalam lagu The Beatles

—- but she DON’T care —

Tuh, The Beatles sendiri ga bilang but she DOESN’T care. Ga ada tuh yang berani nyalahin mereka, trus suruh mereka ikut belajar rumus Tenses ‘The Simple Present Tense” ..hihi.

Udahlah, enjoy aja .. bagi Anda yang belum BISA berbahasa Inggris, cuci otak dulu ..buang jauh2 tuh MITOS bahwa untuk bisa berbahasa Inggris harus kuasai Grammar dulu, No Way !! ..nanti saya tulis lagi bagaimana Grammar itu punya aliran-aliran juga, yang mana tiap aliran beda kaidah dan peraturan. Nah lhO???? …masih mau belajar Grammar dulu?? ..

By Teguh Handoko - Trik n Tips - support@teguhhandoko.com


Tahapan membentuk Speaking skill
Orang komunikasi ibarat bermain silat, ada yang menyerang (bertanya) ada yang menangkis (menjawab) ada yang menggabungkan serangan dan menangkis dalam 1 untaian gerakan (paparan). Begitupun dalam speaking skill. Itulah sebabnya e-compusoft pada awalnya membentuk kemampuan

menangkis dulu atau receptive skill, selanjutya kemampuan menyerang (productive skill) dan terakhir adalah kemampuan paparan (descriptive skill).

Dalam pembentukan receptive skill, saya berusaha membentuk kemampuan speaking Anda dengan menggunakan kalimat-kalimat inti (kernel sentence) yang ibartnya dalam silat adalah dasar-dasar gerakan inti. Itulah sebabnya betapa pentingnya receptive skill ini harus Anda miliki. Tentu saja untuk memiliki skill tidak ada cara lain kecuali Anda sendiri yang harus menebusnya dengan bersusah payah, melatih setiap hari sehingga otomatis tanpa berpikir.

Pronunciation (makhraj/pengucapan) juga sangat penting di awal2 perjalanan Anda dalam belajar bahasa Inggris, karena sudah saya katakan bahwa kesalahan pengucapan akan menyebabkan miscommunication, seperti bagaimana membedakan pengucapan kalimat

This is my beg (ini permohonan saya)
This is my bag (ini tas saya), dsb.

Jika Anda telah mendownload materi conversation, Anda akan mengamati bahwa saya belum memfokuskan diri memberi Anda kosakata yang berlimpah, tetapi fokus pada pembentukan kernel sentence di lidah Anda. Kenapa demikian? Karena dalam ilmu mengajar dilarang memberikan 2 kesulitan secara bersamaan. Saya tidak ingin memecah konsentrasi Anda dengan 2 hal. Cukup pada 1 hal saja yaitu membentuk skill bicara dengan menggunakan kalimat inti dulu, serta dengan pronunciation yang benar. Itu saja. .

Nanti pada tahapan berikutnya, setelah Anda memiliki kemampuan receptive speaking ini, atau kemampuan menangkis serangan dengan menggunakan kalimat inti – barulah saya mulai menekankan pengayaan vocabulary melalui bahan-bahan literature yang telah saya susun secara sistematis sehingga tanpa terasa Anda akan kaya dalam kosakata, disamping penguasaan membaca literature nya semakin menguat

Okey? jadi mari kita fokus dulu pada pronunciation yang benar, serta membentuk kemampuan menangkis serangan (receptive speaking). Onward no retreat, tidak ada yang enak di awal perjalanan Anda membentuk skill – segarkan kembali ingatan Anda saat pertama kali belajar naik sepeda. Anda berbakat kok, yakinlah apa yang saya katakan

By Teguh Handoko - Trik n Tips - support@teguhhandoko.com


Lesson 8 : Personal Pronouns & Tobe (1.B)
Kita masih berkutet di Jurus 1 .. Anda sudah tahu dong bahwa persyaratan kalimat minimal ada subject dan predicate, dan predicate itu harus salah satu yaitu verb atau tobe. Ini sudah saya jelaskan dalam posting sebelumnya. Coba lihat contoh dibawah ini

The bell having rung, the boy with a blue jacket sitting in the corner of the classroom

Ada berapa kalimat tuh?? jawabnya ga ada satupun kalimat. Karena contoh diatas sama sekali TIDAK mempunyai predicate, ga ada tobe juga ga ada verb. Yang diatas semata-mata adalah subject saja. Tobe termasuk salah satu auxiliary verbs juga, dan jumlahnya ada 3 seperti yang dibawah (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Lesson 8 - support@teguhhandoko.com


Lesson 7 : Personal Pronouns (1.A)
Personal Pronouns adalah kata ganti orang dan benda. Namanya juga pengganti, ibarat PLH – personal pronouns ya dianggap NOUN juga. Jadi dia berhak menempati posisi subject dan object, masih ingat kan pelajaran sebelumnya. Maksudnya kata ganti gimana sih? ya gampangnya kalau ada 2 kalimat seperti

John kawan saya
DIA anak yang pintar

Kata DIA itulah yang disebut dengan Kata ganti orang/benda. Jumlahnya ada 7 (tujuh) yaitu : (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Trik n Tips - corner@teguhhandoko.com


Lesson 6 : ..Siiip..mari kita mulai mengenal 30 Jurus Sakti GRAMMAR !!
Personal Pronouns adalah kata ganti orang dan benda. Namanya juga pengganti, ibarat PLH – personal pronouns ya dianggap NOUN juga. Jadi dia berhak menempati posisi subject dan object, masih ingat kan pelajaran sebelumnya. Maksudnya kata ganti gimana sih? ya gampangnya kalau ada 2 kalimat seperti

John kawan saya
DIA anak yang pintar

Kata DIA itulah yang disebut dengan Kata ganti orang/benda. Jumlahnya ada 7 (tujuh) yaitu : (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Lesson 6 - support@teguhhandoko.com


Lesson 5: Taklukkan ini dulu, baru lanjut !! ..
Anda mungkin bertanya2, kok materi Grammarnya seperti ini?? okey, begini ..yang pokoknya adalah bahwa kursus bahasa Inggris e-Compusoft ini memang sistim full conversation, dan bukan grammar-oriented. Artinya bahwa saya memang tidak menghambur2kan RUMUS grammar kepada

Anda, melainkan trick2 short cut untuk menguasai pola kalimat, dari kalimat sederhana (simple sentence), kalimat gabungan (compound sentence), kalimat rumit (complex sentence) dan kalimat rumit gabungan (compound complex sentence). Kalau Anda sudah ga tahan kepingin buru2 liat aneka rumus grammar, banyak kok. Tanya saja sama mbah Google, maka akan muncul puluhan website kursus online yang isinya rumus-rumus grammar. Dan yang kedua, setiap guru mempunyai teknik tersendiri. Ciyee .. ini yang penting. Ibarat mendaki gunung, inilah cara saya menuntun Anda untuk sampai ke puncaknya. Lain guru lain cara ..ehem ..jadi ga enak :P

Okey, kita mulai. Penguasaan pemahaman yang mana VERBAL dan NOMINAL itu pueeentiing banget. Itulah sebabnya harus taklukan 20 serangan ini dengan benar, siapkan kamusnya. Tugasnya masih sama, mana yang verbal dan mana yang nominal. (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Lesson 5 - support@teguhhandoko.com


Trick meningkatkan IQ ber-Garansi
Ini memang salah satu trick yang dianut oleh SuperLearning2000, yang pertama kali di kumandangkan kembali oleh Georgi Lozanov. SuperLearning2000 merupakan trend bagaimana belajar dengan melibatkan seluruh kemampuan metafisik termasuk otak bawah sadar Anda. Salah satu trick yang diajarkan adalah bagaimana meningkatkan IQ ber Garansi

Otak berpikir mengkonsumsi oksigen

Otak berpikir mengkonsumsi oksigen. Semakin banyak orang berpikir tentu saja semakin banyak oksigen dalam otak yang harus disiapkan. Menguap adalah salah satu gejala otak kekuranga oksigen. Ini adalah trik yang dianjurkan oleh SuperLearning2000 dalam meningkatkan kerja otak serta meningkatkan IQ ber garansi

1. Pergi ke kolam renang setiap hari
2. Menyelam sedalam2 nya dan menahan nafas sekuat mungkin
3. Ambil nafas jika sudah tidak memungkinkan
4. Ulangi kembali no 2 (dua) berulangkali selama 15 menit
5. Laksanakan hal ini selama sebulan, setiap hari

Dengan cara ini maka tekanan air akan memaksa pembuluh darah carotid
yang membawa oksigen menjadi lebih lebar, sehingga oksigen yang masuk kedalam otak pun lebih berlimpah. Prof. Yashuhiro Nakamats penemu floppy disk bahkan mempunyai kolam renang di rumahnya, dan dia selalu melakukan therapy diatas dengan duduk di dasar kolam renang tersebut, guna memanfaatkan tekanan air

Selamat mencoba

By Teguh Handoko - Trik n Tips - support@teguhhandoko.com


Pesuruh sekolah kini pengelola Lembaga
ARtikel ini saya tulis sebagai pemicu pada Anda yang cari-cari alasan bahwa Anda tidak berbakat lah ..lidahnya kurang panjang lah ..dsb.

Waktu itu saya masih mengajar di sebuah SMK swasta, dan ada seorang pesuruh sekolah baru, seperti biasa saya kenalan dan begitu saya tanya latar belakang pendidikannya da jawab ‘lah..cuma SD lah pak” ..begitu kalimatnya persis. Singkatnya ia saya suruh mengikuti kursus di lembaga Bahasa Inggris
yang saya kelola, dan alhamdulillah rupanya yang saya dapatkan bibit unggul, artinya orang yang benar-benar merasa harus berontak mengobrak abrik dunia nya yang saat itu

Singkat cerita, dia menjadi salah satu murid bintang di lembaga saya, bicara Bahasa Inggrisnya lancar, dengan pronunciation yang tepat tentuya, disamping itu juga dengan cepat menyerap apa yang saya ajarkan diluar Bahasa Inggris, kebetulan saya juga mengajar Gitar Klasik, teknisi komputer serta jaringan, dan mengetik cepat – kecepatan mengetik saya rata2 600 EPM, hehe ..

Wuaaah, bangga sekali saya melihatnya saat dia memainkan petikan gitar klasiknya, lalu mulai mengajar di suatu lembaga Bahasa Inggris yang masih di sekitar saya (dengan ijazah SD nya lho, kebetulan saat itu pimpinan nya ngga buru2 meminta CV nya), lalu di tempat kontrakannya membuka jasa service komputer, mengetik cepat ..tidak ada kebahagiaan saya selain melihat siswa yang berhasil. Saat ini pesuruh sekolah itu sudah menjadi seorang pengelola lembaga Bahasa Inggris dan Komputer, warnet serta Mengetik cepat di daerahnya di Jawa Barat – saya bangga sekali dengan dia tuh ..

Kalau seorang dengan latar belakang ijazah SD – yang seumur hidupnya belum pernah menyentuh pelajaran Bahasa Inggris tentunya – saja bisa menjadi seorang pengelola lembaga Bahasa Inggris – apalagi Anda, Okey?? Tidak ada lagi alasan yang perlu Anda utarakan pada saya. Mari kita start, yakinlah bahwa Anda Berbakat dengan sistim Full Conversation yang lembaga ini miliki, e-Compusoft Online English Training

By Teguh Handoko - Story - support@teguhhandoko.com


Anda termasuk Pentium berapa?
Yang saya amati kenapa manusia seperti komputer ya? Ada hardware, software dan brainware.

HARDWARE

Hardware disini adalah perangkat keras manusia, unsur aradh manusia. Dan uniknya setiap manusia memiliki perangkat keras yang tidak serupa. Luar biasa sekali, seperti halnya komputer ada manusia yang memiliki spesifikasi Pentium III ada juga yang Pentium IV, bahkan uniknya pada manusia yang memiliki spesifikasi Pentium IV pun spesifikasi nya tidak sama, ada yang mempunyai modem, ada yang tidak.

Dari yang sama-sama mempunyai modem, ada yang ADSL ada yang Dial Up, ada yang online selalu kontak pada Robbal Arbaab – Allah azza wa jalla, ada juga yang modemnya tidak aktif. Subhannalloh. Kalau ada hardware tentu harus ada softwarenya, benar memang demikian

SOFTWARE

Sebagaimana komputer, hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software. Begitupun unsur aradh manusia tidak akan berfungsi tanpa adanya unsur samaawaat yang merupakan unsur yang sangat kompleks, unsur yang kekal – jauh berbeda dengan unsur aradh manusia yang rusak (kafir).

Jika hardware manusia mempunyai spesifikasi yang tidak serupa, bagaimana dengan software nya? ya begitu juga ..tidak serupa. Seringkali saya amati ada 3 orang sahabat A, B, dan C sama datang pada seorang Kyai minta diberikan hikmah tertentu, maka sang Kyai akan memberikan aurad yang tidak serupa, karena sang Kyai melihat spesifikasi hardware ketiganya tidak sama.

Jangan sampai terjadi Pentium III di pasang Office2007, bukannya malah bagus justru malah hang. Itulah sebabnya katanya seringkali terjadi kasus seorang yang tidak waras, yang katanya sih ..gila gara-gara mengamalkan ilmu yang dianya tidak kuat. Begitulah software manusia pun tidak serupa.

Okey kalau memang ada software, harus ada juga Operating System nya dong.

Pasti ada ..

Justru ini yang paling penting, seringkali saya melihat ada seseorang yang sebetulnya hardwarenya spesifikasi unggul, tapi banyak yang tidak berfungsi karena tidak diaktifkan, atau tidak diinstall softwarenya. Dan yang lebih parah, banyak yang Operating Systemnya berantakan karena kemasukan illegal plugins dalam hal ini adalah maksiat-maksiat yang dilakukan, yang menyebabkan ketidakstabilan kinerja operating system tersebut. Akhirnya lemot, malah hang.

Jika terjadi kasus seperti ini jangan salahkan Allah Swt. ” Semua keburukan itu dari Kamu ..’ begitu kata Allah, ya memang demikian, awal keluar dari pabrik semua hardware dan softtware (operating system dan program aplikasinya) bagus kok, salah sendiri kenapa diacak-acak dengan illegal plugins. Hehe… Terus gimana caranya biar bagus lagi?

Harus pergi ke seorang yang mengerti tentang CPU (aradh, samawaat) manusia. Biasanya ada yang disuruh mandi taubat, ada yang disuruh sholat tasbih, dsb. Masing-masing mursyid memiliki cara tersendiri dalam memFORMAT ulang hardisk clientnya yang sudah berantakan.

Yang mengenaskan begini, sering terjadi ada seorang yang hardwarenya Pentium II tapi karena terawat baik, software nya terpasang, maka semua hardware nya berfungsi dengan optimal. Tiba-tiba datanglah seorang dengan spesifikasi Pentium IV tapi awut-awutan minta hikmah pada Pentium II tersebut.

Saya pernah melihat hal ini, di Serang ada seorang ahli hikmah kedatangan seorang anak muda yang awut-awutan dan minta dibukakan (diaktifkan hardware) nya, .. si ahli hikmah nggak mau, malah beliau bilang pada si anak muda awut-awutan itu, ‘yang anda miliki lebih dari saya’ ..

BRAINWARE

Nah brainware dibahas menyusul, karena ini akan mengarah pada pembicaraan yang melibatkan metafisik. Mungkin lebih baik kita lanjutkan dengan ‘Trik merawat dan mengoptimasi hardware dan software Anda’

By Teguh Handoko - Pengetahuan - support@teguhhandoko.com


Lesson 4 : ..sst..inilah rahasia NOUN
Belajar Grammar itu ga boleh keputus. Betul, ibarat mata rantai – satu saja keputus yah sama aja bohong. Anda sudah tahu bahwa

1. Kalimat harus memiliki minimal SUBJECT dan PREDICATE
2. Dalam Bahasa Inggris sebuah Predicate itu HARUS Kata Kerja (Verb) jika
tidak ada verb maka gantinya adalah tobe
3. Kalimat hanya ada 2 jenis yaitu yang Predicate nya Verb disebut kalimat
verbal dan yang predicate nya Tobe disebut kalimat Nominal
4. Yang disebut Verb adalah kata kerja murni yang belum mendapatkan awa
lan TO atau akhiran ING
5. Sebuah kata kerja yang sudah mendapatkan awalan TO atau akhiran ING
maka kata itu sudah berubah menjadi kata benda (Noun)

Nah sengaja saya rangkum dulu pelajaran grammar kita dari Lesson 1 s/d Lesson 3 kemarin. Sekarang kita lanjut ya

Rule : “Semua SUBJECT atau OBJECT tidak bisa ditawar-tawar pasti NOUN” (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Lesson 4 - suppxxx@teguhhandoko.com


Nostalgia awal belajar Bahasa Inggris :)
Dulu memang Grammar dianggap sebagai kunci belajar Bahasa Inggris. Begitupun hal itu saya rasakan, kentalnya penekanan grammar di pelajaran-pelajaran sekolah. Saya memang jawara Grammar sejak SMP ngga pernah yang namanya ulangan dapat nilai 8, diatas 9. Hehe… hal itu berlanjut sampai saya ke SMA. Namun kesalahan fatal saat itu saya menganggap diri saya JAGO BAHASA INGGRIS. Padahal saya Cuma jago grammar.

Ceritanya waktu kelas II SMA semester I saya kebetulan bolos, jujur aja neh ..terus daripada bolos pergi ke tempat ngga karuan saya pergi ke “The British Council Library” di Jakarta Selatan. Itu memang tempatnya kita baca gratis dari pagi sampai sore, pinjam buku, majalah – The British Council Library adalah pusat informasi dan budaya yang disediakan oleh pemerintah Inggris. Saat itu adalah kunjungan saya yang pertama. Saya inget banget bagaimana PD nya saya, begitu percaya diri saya masuk ruang perpustakaan. Disitu saya liat banyak remaja2 se usia saya, dengan seragam SMA (saya yakin mereka ngga bolos) sedang asyik baca textbook berbahasa Inggris. Iseng ah, comot satu .. saya ambil sebuah buku novel berbahasa Inggris. Saya buka lembar pertama, dan saya coba baca …walah…saya ngga ngerti sama sekali??? okey, ngga mau kalah set, saya ambil lagi yang lebih tipis novel tingkat Elementary. Lalu saya coba baca, haduuuhh…keringet dingin saya waktu itu, sama sekali ngga ada yang bisa saya pahami kecuali 10% saja itupun pecah sana pecah sini pemahamannya. Pelan2 saya intip ke belakang, saya liat remaja2 seusia saya sedang asyik baca novel yang tebal2..disitulah saya lunglai. Ibarat militer yang sedang dicopoti pangkatnya didepan forum upacara, saya merasa betapa yang saya banggakan selama ini yaitu GRAMMAR, ternyata tidak membantu sama sekali, kebanggaan yang ada pada diri saya selama ini pupus saat itu.

Batin saya meratap sendiri “…teguuuh ..teguh…selama ini kamu ngotot belajar Grammar, ngapalin rumus2, pindah buku Grammar ini dan itu, sama sekali ngga bisa membela kamu …” …iya tuh, saya jawab sendiri pelan. Saya ngeloyor deh keluar dari ruang perpustakaan The British Council Library. Dari situ saya seperti orang buta kehilangan tongkat, saya mau kemana lagi?? dan bagaimana??? …

Tuhan Maha Pengasih … saya akhirya ditunjukkan “ini loh KUNCI menguasai Bahasa Inggris …”. Benarkah?? okey, saya coba. Saya memang biasa belajar mandiri, otodidak sejak dulu dan kebawa sampai sekarang dari Gitar Klasik, Mengetik Cepat, Merakit Komputer dan Jaringan, Video Editing, Webmaster, Bisnis Online dan sekarang saya sedang belajar Bahasa Arab, semuanya dilakukan mandiri (autodidak). Saya langsung mengatur waktu, mengatur ulang jadwal belajar Bahasa Inggris, tapi kali ini bukan Grammar lagi – tapi sesuai petunjuk tersebut. Alhamdulillaah, dalam waktu singkat kemampuan Reading saya meningkat pesat, sampai akhirnya mampu membaca novel asli yang unabridged, lancar conversation, dan anehnya GRAMMAR juga kebawa. Ternyata kunci menguasai Bahasa Inggris adalah Reading (Iqra’). Waduuh jadi kembali ke laptop juga akhirnya. Insya Allah nanti saya akan buat kategori tersendiri untuk membentuk kemampuan Reading ini (reading skill).

By Teguh Handoko - Story - support@teguhhandoko.com


Lesson 3 : Waspadalah !! .. Inilah yang disebut Verb
Kalimat NOMINAL adalah kalimat yang memiliki TOBE otomatis tidak memiliki verb. Sedangkan kalmat VERBAL adalah kalimat yang memiliki verb (kata kerja) dan tidak memiliki tobe. Terus bagaimana kalau kalimat ini

I am learning English -> Saya sedang belajar Bahasa Inggris

Kalimat ini verbal atau nominal? Ya sudah pasti NOMINAL karena memiliki tobe. Berarti tidak memiliki verb (kata kerja) dong? bettuuul. Terus LEARNING itu kata apa, bukannya kata kerja? (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Lesson 3 - support@teguhhandoko.com


Lesson 2 : Mana cowo mana cewe ??
Belajar Grammar intinya disini. Langsung saja kemarin sudah dibahas bahwa Kalimat hanya ada 2 jenis yaitu VERBAL dan NOMINAL Kalimat verbal ibaratnya Cowo punya kata kerja (verb) tapi ga punya tobe (tobe), kalimat

Nominal ibarat cewe - punya tobe tapi ga punya verb. Nah tugasnya cari mana yang cewe mana yang cowo, contoh nya

I go to school (correct=verbal)
I am a student (correct=nominal)
I am go to school (incorrect, salah)
I at school (incorrect, salah)

Percayalah, ini adalah kunci inti menguasai Grammar – jika Anda memang pecandu Grammar. Hehe, siapkan kamus nya ya. Lihat kata2 yang Anda tidak ketahui (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Lesson 2 - support@teguhhandoko.com


Review dari Dosen Bahasa Inggris S2
ini adalah review dari dosen method of teaching S2 – beliau mengajar di Universitas Swasta yang tertua dan terkenal di Jakarta.

Syllabus kursus Bahasa Inggris online yang saya rekomendasikan

Beberapa bulan terakhir ini saya memang jarang posting di blog saya, karena saya harus menyelesaikan beberapa literature untuk kepentingan akademis
Sementara sebulan terakhir ini saya sibuk diminta membuat syllabus untuk beberapa kursus bahasa Inggris yang baru launching di wilayah Jakarta.

Banyak diantara nya yang sekedar meminta saya memberikan review dan revisi sana sini untuk syllabus kursus mereka yang telah berjalan

Sebagai dosen bahasa Inggris dengan latar belakang S2, di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jakarta – apalagi spesialisasi saya adalah ‘method of teaching’ – saya mendapat bayaran yang cukup mahal hanya untuk melakukan review suatu syllabus kursus bahasa Inggris yang sudah berjalan, tentu saja review yang secara scientific saya berikan ulasan dan revisi untuk melahirkan syllabus yang unggul

Sekitar 1 minggu di akhir Ramadhan, saya merasa tertarik untuk mengamati bagaimana sepak terjang kursus bahasa Inggris ONLINE yang sangat marak di dunia maya ini. Hasilnya memang sangat mengenaskan dan menggelikan. Saya katakan mengenaskan karena hampir 100% kursus bahasa Inggris yang diselenggarakan secara online tidak memiliki syllabus. Mungkin mereka menganggap bahwa mengajar bahasa Inggris itu mudah, bahkan kalau perlu seorang pengemis di Amerika pun bisa membuat kursus bahasa Inggris online atau mengajar secara offline.

Seberapa pentingkah Syllabus dalam pencapaian kesuksesan belajar Anda?

Okey mari kita lihat ada 3 kelompok remaja yang akan mendaki gunung, sebut saja kelompok Badak Liar, Kerbo Hitam dan kelompok Merpati Putih. Kelompok Badak Liar dengan santai langsung berjalan melakukan pendakian untuk sampai ke puncak nya, Kelompok Kerbo Hitam lain lagi mereka minta didampingi seorang penduduk kampung yang memang dulu pernah bertapa di puncak nya. Kelompok Merpati Putih lain lagi, sebelum pendakian ia mencoba sourcing mencari narasumber yang memiliki ‘Peta Jalan’ atau Route – betul ‘peta jalan’ itu tidak gratis, bahkan narasumber itu memiliki beberapa penawaran ‘Peta Jalan’ ada yang full panorama sungai, ada route full panorama tebing, dsb. Tidak perlu saya tanya lagi pada Anda, kelompok mana yang memiliki probabilitas paling tinggi untuk sukses sampai di puncak dengan aman, cepat dan nyaman? tentu saja Merpati Putih – karena mereka mendaki dengan menggunakan Peta Jalan, atau gampangnya syllabus. Ga asal naik ..

Begitulah gambaran kursus bahasa Inggris online yang marak saat ini. Hampir semuanya sifatnya ‘ayo jalan aja – kita mendaki bareng2’, ujung2nya boro-boro sampai puncak, malah tersesat, bahkan kembali pulang, membatalkan perjalanan. Begitulah, banyak sekali kursus bahasa Inggris online yang sifatnya hanya komersil sekedar menjaring peluang remaja yang lagi mempuyai minat mendaki.

Sebuah Kursus Online dengan syllabus yang membuat saya terkagum

Awalnya memang sekedar stumble upon, ga sengaja saya melihat link sebuah kursus bahasa Inggris online dari google ‘ dengan kata kunci ‘kursus bahasa Inggris online”, saya klik dan inilah yang saya baca di website kursus online tersebut

Saya Tantang Anda, dalam 4x Belajar DIJAMIN MAMPU diskusikan gambar ..belajar dari NOL, langsung praktek conversation tanpa basa-basi, tanpa Grammar2an …dengan sistim Full Conversation, dalam waktu 2 Minggu saya siap buktikan bahwa ANDA BERBAKAT !! ..Ikut tantangan GRATIS nya, silahkan download ebook dan Audio MP3 gratis tanpa syarat – tanpa daftar2an – tanpa resiko. Materi yang Anda pelajari dijamin 100% belum pernah Anda dapati dilembaga manapun, walaupun Anda sudah berpetualang ke 1000 kursus bahasa Inggris sekalipun – DIJAMIN !!’ (ini padahal promosi bro sendiri, tapi kita kecohkan seolah2 dari website nya)

Weleh2…apalagi ini? saya tersenyum lebar membaca iklan dari sebuah kursus online tersebut. Okey, no problem. Saya kunjungi link tersebut dan saya coba download materi tantangannya. Seperti biasa untuk me review sebuah syllabus kursus bagi saya sangatlah mudah, karena memang itu profesionalisme saya, bahkan mungkin bisa saya kerjakan sambil bernyanyi kecil. Dan itu yang juga terjadi saat saya download materi I nya, tapi begitu saya mulai mengamati …menit demi menit ..saya merasakan ada sesuatu yang berbeda dalam materi tersebut

Jujur saya tersentak saat selesai me review materi I nya, .ini benar2 kursus yang tidak asal jadi, saya yakin 100% pasti memiliki syllabus – dan syllabusnya sangat excellent. Bagimana tidak, dari beberapa kursus offline yang memiliki syllabus baru kali ini saya melihat rancangan syllabus (syllabus design) yang integrated, tersusun secara sistimatis dari teknik pengajaran (technique of teaching), pendekatan pengajaran (approach), metode pengajaran (method of teaching), sampai kepada teori belajar yang mendasari nya semua nya integrated.

Langsung saya pasang mesin profesionalisme saya sebagai seorang pemerhati metode pengajaran bahasa Inggris, saya cermati dari teknik pengajaran yang diterapkan yaitu guided oral composition yang mampu memaksa siswa bicara, dan menggiring tanpa terasa pada penguasaan struktur kalimat yang lebih kompleks, pendekatan yang diterapkan diwarnai oleh aural-oral approach yang berlandaskan audio lingual method, serta pembentukan skill nya yang diwarnai kental oleh behaviousme, misalkan saya lihat dalam salah satu latihan bicara nya

Narrator : do you come from London?

Siswa : no, I don’t come from London

Narrator : good !!

Narrator : I don’t come from London

Anda mungkin tidak melihat sesuatu yang istimewa disitu bukan? Tetapi kalau Anda seperti saya seorang profesionalisme dan pemerhati dalam Method of Teaching, mampu melihat bahwa ada warna teori psikologi aliran behavioursme disitu, yaitu Stimulus – Response – Reward – Reinforcement. Artinya Bahwa langkah memberikan pertanyaan secara scientifik adalah guru bertanya (stimulus), lalu siswa menjawab (response), lalu guru memberikan pujian (reward), dan terakhir guru menguatkan kembali jawaban tersebut (reinforcement). Sangat excellent, bahkan sampai kegiatan terkecil pun (tanya-jawab) kursus ini menerapkan langkah2 yang sangat scientific berlandaskan ilmu pengajaran Bahasa Inggris yang ada. Okey, jika Anda tidak melihat sesuatu yang excellent didalamnya wajar saja, karena memang ini bukan spesialisasi Anda. Ibarat saya mendengarkan lagu Rhoma Irama atau Mansyur S. bernyanyi, saya tidak melihat sesuatu yang istimewa didalamnya kecuali sekedar menikmati. Hehe ..

Materi Pelatihan nya yang sangat integrated

Sampai sejauh itu saya masih berusaha melakukan review, kali ini saya lanjut kepada materi yang dipresentasikan yang katanya total 32 materi selama 4 bulan. Dalam materi GRATISAN nya, hehe…tentu saja saya tidak perlu mengeksplorasi 32 materi itu. Disamping sebagai seorang pemerhati spesialisasi Method of Teaching, saya juga sebagai seorang konsultan penelitian pendidikan. Kursus tersebut memberikan materi pelatihan yaitu

Pronunciation

Receptive Speaking*

Basic Structure

Basic Listening

Introduction to Language

Anda lihat yang saya beri tanda * … No words can say, saya tidak perlu lagi mengomentari, dari materi-materi pelatihan yang diberikan saja saya sudah berikan nilai excellent karena memang pembentukan Conversation itu harus diawali dari pembentukan kemampuan PRONUNCIATON. dan ini sangat 100x langka bahkan nyars tidak pernah Anda dapatkan materi ini kecuali Anda kuliah di jurusan Bahasa Inggris. Banyak sekali kesalahpahaman dalam komunikasi antara orang Indonesia dengan orang asing hanya karena masalah pronunciation, dimana kita tidak bisa membedakan antara pengucapan bunyi beg dengan bag, antara they dengan day, dsb. Itulah sebabnya mengapa materi pelatihan pronunciation ini sangat WAJIB dibentuk di awal perjalanan belajar Bahasa Inggris.

Materi pelatihan berikutnya adalah Receptive Speaking, Anda tahu apa yang membuat saya terkagum dan memberikan nilai excellent pada admin kursus tersebut?? lihat kata ‘receptive’ ..ini memiliki makna yang membuat semua pakar method of teaching terkagum-kagum, karena memang tahap pembentukan skill berbahasa dimulai dari receptive skill dulu barulah melangkah pada productive skill – tetapi secara jitu dalam kursus tersebut dituliskan receptive speaking, excellent kembali !!

Belum lagi materi Introduction to Language yang membuka pemahaman hakikat Bahasa Inggris sesungguhnya itu apa, lalu Basic Listening yang ternyata langsung di narasikan oleh native speaker dengan aksen British English, serta Basic Structure. Saya mau bilang apa lagi?? tidak ada lagi yang saya perlu review kecuali saya harus mengenal the man behind the gun yang mengelola kursus bahasa Inggris online tersebut yang menggunakan nama e-Compusoft Online English Training

Masukan saya sebagai Pengayaan Kursus Online yang excellent itu

Tidak ada gading yang tak retak, bagaimanapun excellent nya syllabus kursus tersebut, dan bagaimana pun saya YAKIN bahwa apa yang dijanjikan memang pasti terbukti, janjinya begini

‘Langsung praktek, tanpa basa-basi. Dari NOL, dijamin dalam 4x belajar Anda mampu diskusikan gambar,saya siap buktikan bahwa Anda berbakat !!..

Janji tersebut saya memang tidak membual. Saya sebagai profesional, pemerhati dalam bidang Method of Teaching ikut memberikan kepastian pada Anda bahwa apa yang dijanjikan memang pasti terbukti, saya tidak mau mempertaruhakan reputasi saya dengan begitu saja memberikan rekomendasi pada Anda, tapi hal tersebut memang benar.

Namun …

Adalah lebih baik jika kursus tersebut diberikan TAMBAHAN materi, saya katakan tambahan materi Structure yang berlimpah, mengingat para peserta yang khususnya masih sekolah, sangat membutuhkan pengayaan materi Structure guna menunjang pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Hanya itu – diluar itu semuanya EXCELLENT. Saya merekomendasikan pada Anda, saya pertaruhakan reputasi saya untuk itu. Bahwa tidak ada kursus bahasa Inggris online terbaik, yang memiliki syllabus yang excellent selain daripada e-Compusoft Online English Taining

Herri Mulyono, M.pd
Dosen Method of Teaching S2
UHAMKA, Jakarta

By Teguh Handoko - English Training - support@teguhhandoko.com


Trik Jitu menguasai Reading Skill
Sebetulnya tahap awal yang harus dilewati oleh setiap orang untuk menguasai bahasa Inggris beserta 4 skillnya adalah passive skill. Kemampuan passive yaitu Listening dan Reading. Seringkali ada kawan kita mengatakan “kalo orang ngomong gue sih ngerti’ … tapi gue belum bisa jawab”. Wah ini gejala sukses yang bagus. Ada nya orang seperti itu karena

dia telah memiliki passisve vocabulary. Tuh, ada passive skill ada juga passive vocabulary. Artinya dia sudah memiliki segudang vocabulary yang telah meresap dalam dirinya namun masih dalam bentuk passive, ibaratnya kalau dalam dunia persilatan dia sudah ga bisa diserang, karena pandai menangkis serangan – namun BELUM bisa menyerang

Trus gimana dong untuk menguasai reading skill? (Selengkapnya bisa anda pelajari di materi pengayaan Structure... :)

By Teguh Handoko - Trik n Tips - support@teguhhandoko.com


Sejarah singkat Bahasa Inggris
Bahasa Inggris memang kaya gado-gado, makanya bisa dibilang ga punya peraturan (Grammar) yang fix, itulah sebabnya saya tidak menganjurkan Grammar pada Anda di awal perjalanan.


Bahasa itu sendiri awalnya masih satu rumpun dengan bahasa Jerman Purba yang kemudian berkembang melalui akulturasi dengan bangsa-bangsa yang melakukan invasi ke tanah tumpah darah bangsa Inggris. Sebut saja awalnya adalah bangsa Celtic, suku nya disebut brighton dari situ muncul istilah The Great Britain selanjutnya awal Masehi masuklah invasi bangsa Romawi, lalu Jutes ..lalu Anglo ..lalu Saxon dan terakhir adalah Norman French.

Masuknya invasi masing-masing bangsa ini memberikan pengaruh dan perubahan warna kepada Bahasa Inggris sebelumnya yang sudah ada. Walaupun 70% kosakata bahasa Inggris itu merupakan perpaduan dari bahasa Anglo dan Saxon (dari kata Anglo > England atau daerah bangsa Anglo). Namun warna-warna bahasa Romawi serta perancis sedikit banyak ikut memberi warna pada wujud bahasa Inggris yang ada saat ini.

Daerah2 yang berakhiran ~sex seperti wessex, atau essex itu dulunya bekas didiami bangsa Saxon. Adapun England tentu saja bangsa Anglo. Lalu daerah yang berakhiran ~chester, seperti Manchester, Winchester itu dulunya bekas diami nya bangsa Romawi, dll. Jangan heran kata BEFORE jika di England artinya dihadapan, tapi di scotland artinya ’sebelum’. Di daerah essex pernah saya tulis sebelumnya, mereka tidak mengenal objective pronouns – sehingga mereka mengatakan ‘You love I …bukan You love ME’ Masih banyak lagi contoh2 yang membuktikan bagaimana bahasa Inggris itu sendiri tidak konsisten, lalu kenapa kita mendahulukan GRAMMAR ??

Masuknya invasi Norman French yang akhirnya menurunkan raja dan ratu Inggris saat ini, sedikit banyak memberikan warna baru pada Bahasa Inggris yang terus berkembang dari bahasa Inggris purba (old English, punah abad ke 7), lalu Bahasa Inggris abad Menengah (Middle English) yang punah abad ke 15, serta saat ini yaitu Modern English
Bahasa Inggris yang saat ini kita gunakan adalah Modern English tentu saja, namun itupun masih terpecah menjadi 2 bagian besar yang disebut Bahasa Inggris gaya Amerika (American English) dan bahasa Inggris murni atau British English.

Terus di Indonesia pake gaya bahasa Inggris yang mana neh? Di Indonesia malah campuran, termasuk saya – bahkan tidak ada satupun instruktur bahasa Inggris yang berani menyebut dirinya menggunakan bahasa Inggris Amerika atau bahasa Inggris murni, karena toh mereka sama saja lahir nya ada yang di Tegal, Bangkalan, Medan ..hehe.

Okey ga usah pikirin, yang penting start awal langsung gunakan. Langsung praktek, langsung dipake ..Grammar, ga usah pikirin dulu bro.

By Teguh Handoko - Pengetahuan - support@teguhhandoko.com


Kamus Inggris-Indonesia terbaik
Apa ciri2 orang yang bakal sukses berbahasa Inggris? …:D ciri yang gampang yaitu ‘mereka ga sungkan buka kamus jika ada kata yang belum dimengerti” ..serius lho. Makanya Anda bisa introspeksi sejak dini, apakah ciri2 itu ada, jika belum ada ..harus di adakan. Hehe

Kamus Inggris-Indonesia yang terbaik adalah yang disusun oleh Prof. Drs. Wojowasito, bukan karena saya dapat komisi lho. Memang begitu apa adanya, alasan sederhana ..karena kamus itu menggunakan sistim phonetic sistim IPA (International Phonetic Association), sedangkan kamus lainnya TIDAK menggunakan sistim phonetic yang benar.

Ada beberapa jenis Kamus Wojowasito, sbb.

1. Warna Coklat, khusus kamus Indonesia-Inggris
2. Warna Merah, Khusus kamus Inggris-Indonesia
3. Warna Hitam, adalah perpaduan antara Coklat dan Merah tapi
masing2 hanya diambil 50% nya saja (yaa ga lengkap dong..iye)
4. Warna Hijau, ini yang paling lengkap. Perpaduan antara Coklat
dan Merah

BAgaimana sih cara meningkatkan kosakata?... Please Join with us Ecompusoft Online English Training

By Teguh Handoko - Trik n Tips - support@teguhhandoko.com


Syarat SUKSES Belajar Bahasa Inggris
Anda Harus Yakin bahwa Anda BERBAKAT

Tentu saja syarat pertama adalah Anda harus percaya pada saya bahwa ANDA BERBAKAT, karena saya akan membuktikan nya dalam waktu kurang dari 2 minggu saja. Percayalah, untuk menguasai bahasa tidak diperlukan inteligensi, buktinya orang gila di London aja bisa ngomong inggris, hehe.. Dan lagi kenapa Anda harus yakin?? karena sugesti mempengaruhi penginderaan. Otak kita itu nurut sama sugesti dalam diri Anda.

Saya dulu pernah kemaleman di sebuah kampung di Cikeusal, Serang..karena saya kehabisan rokok saya beli sebatang rokok, kebetulan tidak ada listrik saat itu. Sambil pulang saya hisap rokok Dji Sam Soe kesukaan saya, nikmat sekali .. begitu tiba dirumah saya terkejut, karena yang saya hisap adalah rokok Djarum Coklat yang bentuk dan warna nya serupa dengan Dji Sam Soe, tapi kenapa sepanjang jalan yang saya rasakan adalah rokok Dji Samsoe, dari harum tembakaunya, dari rasa dilidahnya?? ..ini semua karena SUGESTI, saya yakin ini adalah Dji Sam Soe, dan otak memerintahkan kepada lidah, hidung bahwa yang saya hisap adalah Dji Sam Soe. Itulah sebabnya kenapa syarat pertama ini harus Anda miliki, Anda harus yakin Anda berbakat plus JAMINAN dari saya dalam 2 minggu akan saya buktikan itu melalui sistim Full Conversation ini.

Anda harus CINTA bahasa Inggris

Syarat berikutnya adalah CINTA. Lho kok cinta, betul karena bahasa adalah skill atau ketrampilan, dan ciri2 ketrampilan jika sudah melebur pada diri kita adalah automatically without thinking, anda dapat melakukannya tanpa berpikir lagi seperti orang berenang, orang naik sepeda, dll. Apa rumus berenang biar mengapung? apa rumus orang naik sepeda biar jangan jatuh? perlukah anda menguasai rumus gravitasi, lalu etang etung tai lutung? No way !! ..begitu pula bahasa Inggris, untuk menguasai skill tersebut hanya praktek, praktek dan praktek sampai otomatis tanpa berpikir. Dan untukmau melakukan praktek dan praktek terus menerus harus ada CINTA.

Ingat waktu pertama kali belajar naik sepeda? Apakah anda kursus? apakah anda private? apakah anda menjadwalkan diri dengan belajar naik sepeda 2x seminggu?tidak bukan… anda seperti orang gila, pagi sepeda, lagi sarapan inget sepeda, lagi di sekolah sudah kebayang2 buru2 pulang dan mengambil sepeda. Sepeda,,sepeda ..sepeda …cinta…cintaa…akhirnya tanpa terasa dalam waktu singkat SKILL naik sepeda sudah melebur dalam diri Anda. Itulah sebabnya syarat kedua ini harus ada dalam diri anda yaitu CINTA. Jika sudah cinta, setiap Anda menemui kata-kata baru yang Anda tidak ketahui, pasti Anda tergiur ..sangat tergiur ingin tahu, apa sih artinya ..awas hati-hati lho, dalam penelitian sudah diputuskan telak, bahwa mereka yang enggan membuka kamus saat menemukan kata-kata baru, DIJAMIN 100% ga akan berhasil menguasai bahasa Inggris. Makanyee..cinta dong !!

Anda Harus Langsung Menggunakannya

Bahasa adalah alat ..iya hanya alat yaitu alat komunikasi, atau alat untuk menyampaikan pikiran (thought), perasaan (feeling) dan kebutuhan (needs). Perlakukan bahasa sebagaimana fungsi nya yaitu alat.

Itulah sebab nya dari sejak dini Anda harus menggunakannya, ga usah pusingin grammar. Nanti saya akan jelaskan kenapa tidak perlu pusingin masalah grammar pada posting berikutnya. Contohlah seorang anak bayi, sebelum ia memiliki bahasa ia hanya berkomunikasi dengan MENANGIS saat haus, pada usia sekitar 9 bulan ia memiliki kata pertama (biasanya EMAK), beberpa waktukemudian ia memiliki kata kedua, biasa nya MIMI. Untuk berikutnya saat ia merasa harus, ia membutuhkan air susu ibunya maka ia akan gunakan alat tersebut ia akan gunakan 2 kata itu EMAK ..MIMI. Lihat, menarik bukan?? ..hanya 2 kata tapi sudah digunakan oleh sang bayi. Nah, jujur ..sudah berapa puluh kata dalam bahasa Inggris yang anda kuasai tapi ga pernah dipake, hanya di depositokan. hasilya?? kaga ada ..hehe. Itulah sebabnya gunakan langsung bahasa Inggris sejak dini Anda belajar

Enjoy

By Teguh Handoko - Trik n Tips - support@teguhhandoko.com


Welcome to e-Compusoft Online English Training
Merasa tidak berbakat berbahasa Inggris? Bukan salah Anda. Selama ini orang hampir semuanya menganggap kunci belajar bahasa Inggris adalah Grammar. Itu adalah metode yang sudah punah abad 18, yang dinamakan Grammar-Translation Method.

Banting stir !! ..saya akan buktikan Anda berbakat. Ikuti saja kursus bahasa Inggris online dengan sistim FULL CONVERSATION ini. Belajar dari NOL, langsung praktek tanpa grammar2an. Dan saksikan, betapa berbakatnya Anda sebenarnya.

Silahkan download materi termasuk audio MP3 nya semuanya Gratis. No bullshit. Saya akan membentuk 4 skill berbahasa Anda dari Listening, Speaking, Reading dan Writing Skill. Grammar?…nanti aja itu nomer 1001.

By Teguh Handoko - Trik n Tips - suppxxx@teguhhandoko.com